Home > Talent Management > Nilai penting Talent Management bagi Perusahaan…

Nilai penting Talent Management bagi Perusahaan…

Seperti yang sudah saya sampaikan pada postingan sebelumnya , Talent Management adalah aktifitas pengelolaan karyawan potensial yang memegang peran kunci (Key Potential Employee) ,bagi keberhasilan organisasi untuk menjamin kesinambungan dan performance organisasi di masa datang.

Dari definisi tersebut, dapat kita lihat bahwa secara strategis , Talent Management memegang nilai penting bahkan menjadi critical point bagi perusahaan, terutama dalam memastikan kesinambungan hidup perusahaan, dengan menjamin nilai kompetitif dan keunggulan diantara perusahaan yang lain.

Nilai kompetitif dan keunggulan perusahaan yang dimaksud sini tidak lain adalah ketersediaan talent yang unggul pada posisi-posisi kunci yang menjadi core competency dari perusahaan. Bill Gates contohnya pernah berkata,” Ambillah 25 orang eksekutif kunci dengan talenta unggul dari perusahaan kami, dan dalam waktu dekat Microsoft akan runtuh.”. Artinya perusahaan dapat memenangkan persaingan dan dapat surfive kelangsungannya di masa depan dengan menjamin core competency-nya. Disinilah letak nilai strategis Talent Management di perusahaan, menjamin ketersediaan karyawan yang unggul pada posisi-posisi kunci perusahaan termasuk didalamnya menjamin kaderisasi pemimpin. Better talent is what will separate the winning companies from the rest.

Nilai penting Talent Management selanjutnya adalah meningkatkan performance perusahaan. Dalam Talent Management semua program yang ada dilakukan secara terintegrasi terhadap SDM, semuanya diarahkan agar talent yang dimiliki dapat memperlihatkan performance yang tinggi dan mendongkrak performance perusahaan. Proses menyelaraskan performance SDM dengan performance organisasi ini dalam Talent Management dilakukan dengan menurunkan Business Strategy perusahaan ke dalam Talent Management Strategy.
Dengan demikian dapat dipastikan seluruh aktifitas pengelolaan talenta yang dilakukan dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada perusahaan terutama dari sisi Financial Aspect.

Financial impact terhadap company performance inilah yang jadi salah satu sasaran strategic dari Talent Management. Hal ini didukung oleh penelitian dari McKinsey & Company’s War for Talent Survey th 2000, yang memperlihatkan bahwa perusahaan yang melakukan Talent Management secara fokus, memperlihatkan performance luarbiasa, berupa kontribusi terhadap shareholder 22,4 persen lebih baik dari perusahan yang tidak menjalankan Talent Management secara baik. (Agustinus A. Wirawan)

Categories: Talent Management
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment